3 Tipe Karyawan Dalam Dunia Kerja (Anda Termasuk Yang Mana?)

Dalam dunia kerja, khususnya bagi anda yang bekerja sebagai sales contohnya, maka anda disebut sebagai karyawan. Setiap orang yang bekerja, baik itu karyawan, pegawai, polisi, dan lain sebagainya pasti ingin sukses. Begitu pula setiap karyawan/karyawati pasti ingin diperhatikan oleh bosnya, dihargai, dan kemudian dipromosikan untuk mendapatkan posisi jabatan yang bagus. 
Jika anda ingin demikian, maka anda harus membaca artikel ini sampai selesai. Inilah 3 Tipe Karyawan Dalam Dunia Kerja, dan silahkan dikategorikan, Anda termasuk yang mana??

RT

Jumlah karyawan RT mencapai 10-20% dari populasi karyawan yang ada dalam sebuah organisasi/perusahaan. RT adalah "Rusak Total", mohon maaf jika anda yang sedang membaca ini merasa tersinggung, tapi inilah faktanya. 
Mereka yang termasuk karyawan RT adalah karyawan yang pandai meluncurkan seribu satu alasan untuk menanggapi mengapa pekerjaan yang ditugaskan kepada mereka tidak pernah beres. Para karyawan RT ini membuat para manajernya berpikir keras mencari gagasan sehingga dapat membantu para karyawan RT, tetapi mereka sendiri selalu dapat memikirkan lebih banyak lagi alasan mengapa tugas yang diberikan kepada mereka tidak kunjung dituntaskan. Mereka selalu mendatangi para atasan dengan membawa masalah dan pembenaran diri atas kegagalan mereka. Mereka tidak hanya negatif, tetapi juga berusaha meracuni anggota tim lain. Mereka adalah mimpi buruk bagi setiap manajer.

RTRT

Yang termasuk dalam kategori ini adalah mereka yang:
  1. Ingin sukses,
  2. Bekerja keras,
  3. Punya komitmen,
  4. datang ke tempat kerja tepat waktu,
  5. melakukan apapun yang diperintahkan,
  6. menyelesaikan pekerjaannya.

RTRT adalah "Rata-Rata"! Karyawan Rata-rata (RTRT) mencapai 60-80% dari seluruh populasi sumber daya manusia yang terdapat dalam suatu perusahaan. Dimata manajemen mereka ini dipandang sebagai orang-orang yang punya kinerja rata-rata.
Orang-orang yang masuk kategori ini, membuat para manajernya terus menerus memotivasi mereka, Begitu dimotivasi, mereka menjadi bersemangat, seperti ban yang baru saja dipompa. Tapi itu tidak bertahan lama, 2-3 minggu kemudian loyo lagi, dan membuat para manajer memotivasi mereka lagi. Begitu seterusnya.
Para karyawan dalam kategori ini, selalu menuggu perintah dari manajernya untuk melaksanakan tugasnya, dan tidak hanya itu, mereka juga meminta bagaimana cara melakukannya. Jika tidak berhasil melaksanakan tugasnya, mereka mendatangi manajer, untuk menyampaikan berbagai alasan mengapa mereka gagal melakukannya. Karena itu, para manajer lalu terpaksa memikirkan solusi bagi mereka, kemudian memberi tahu mereka apa yang harus mereka upayakan. 
Gaya yang masuk dalam golongan ini adalah:

"Kamu kasih tahu, aku melakukannya.Kalau kamu tidak memberi tahu, aku tak tahu harus berbuat apa."

Karyawan RTRT mampu menyelesaikan tugas mereka, tetapi tidak luarbiasa, tidak istimewa, cuma rata-rata, dan karena itu manajer seringkali merasa mereka tidak layak untuk dipromosikan.

Fakta yang menyedihkan menyatakan, dan ini hampir tidak disadari oleh setiap karyawan yang bekerja:

60-80 PERSEN KARYAWAN ADALAH KARYAWAN RATA-RATA! 

BINTANG

Para karyawan ini adalah mereka yang selalu:
  1. positif,
  2. bersemangat,
  3. dinamis,
  4. punya greget dan motivasi dari dalam diri mereka sendiri,
  5. berani menghadapi masalah dan menemukan solusi mereka sendiri,
  6. secara konsisten mencapai target,
  7. tidak terlalu butuh banyak diawasi dan diarah-arahkan,
  8. mandiri, dan 
  9. menyelesaikan tugas dan pekerjaannya dengan baik.

Keberadaan karyawan BINTANG adalah suatu berkah bagi perusahaan. Sebab para karyawan BINTANG dapat diandalkan, membuat para manajer "dapat tidur nyenyak". Semua manajer pasti menginginkan punya banyak BINTANG dalam perusahaannya.
Dalam benak karyawan BINTANG ada moto yang kurang lebih begini:


"Jangan khawatir, kamu tak perlu kasih tau aku apa yang harus aku lakukan; aku tahu apa yang harus kulakukan, dan aku akan melakukannya sampai selesai. Aku sendiri akan memecahkan masalah yang ada. Tugasku adalah menjadi solusi bagimu. Aku akan membuat pekerjaanmu menjadi lebih mudah."

Dalam setiap organisasi/perusahaan, jumlah karyawan BINTANG sangat terbatas; kadang betul-betul langka. Dalam hukum ekonomi menyatakan: sesuatu yang langka pada umumnya punya nilai yang lebih tinggi, dan karenanya juga dihargai lebih tinggi. Dengan demikian, "karyawan langka" (karyawan BINTANG) juga memiliki nilah lebi tinggi, dan pantas dihargai lebih tinggi, serta pantas dipromosikan dengan gaji yang lebih besar!.

Jadi, anda termasuk tipe karyawan yang mana? 

Sumber: 
Sebagian isi artikel ini dikutip dari buku James Gwee, "Setiap Karyawan Harus Baca Buku Ini"


No comments:

Post a Comment